Aneh !!! Gajah Ini Bisa Bicara 'Ngomong' Bahasa Korea [+Video]

Aneh !!! Gajah Ini Bisa Bicara 'Ngomong' Bahasa Korea [+Video]
Aneh !!! Gajah Ini Bisa Bicara 'Ngomong' Bahasa Korea [+Video] - Seekor gajah yang tinggal di kebun binatang di Korea Selatan mendadak jadi pembicaraan internasional. Pasalnya ia memiliki kemampuan yang tidak biasa yaitu mampu menirukan sejumlah suara dalam Bahasa Korea. Tak ayal, Koshik jadi obyek penelitian para ilmuwan.

Koshik memiliki cara tersendiri untuk menghasilkan suara seperti berbicara karena gajah tidak memiliki bibir layaknya manusia. Ia mengontrol suaranya dengan cara menggerakkan belalainya di dalam tenggorokan. Koshik bisa menghasilkan beberapa kata seperti annyong (halo), anja (duduk), anniyo (tidak), nuo (berbaring), and choa (baik).

"Awalnya Khosik hanya menirukan beberapa bunyi-bunyian simpel bukan sebuah kata," ucap Kim Jong Kap, pawang Koshik. "Namun semakin hari pengucapannya semakin spesifik dan akurat."

Penelitian kesahihan pengucapan Koshik melibatkan 16 orang yang sangat fasih menuturkan bahasa Korea. Mereka diminta mendengar 47 rekaman suara si gajah "ngomong". Separuh orang-orang ini menyatakan bahwa Koshik benar dalam melafalkan. Gajah berusia 22 tahun itu juga dinilai lebih piawai meniru suara-suara vokal ketimbang konsonan.

Gajah jantan itu bisa menghasilkan suara manusia di sejak berusia 14 pada Agustus 2004 ketika sang pelatih memergokinya. Current Biology melaporkan Koshik kadang-kadang berbicara ketika diminta namun juga sering kali tanpa dorongan apapun. Menurut para ilmuwan, meski sadar mengucapkannya namun ia tidak benar-benar mengerti arti kata tersebut.

Ilmuwan menduga interaksi Koshik dengan manusia dan ikatan batin mereka yang membuatnya bisa bicara. Gajah Asia biasanya mempelajari mimik manusia pawangnya ketika masih kecil dan hidup sendirian. Koshik sendiri diketahui tinggal sendirian di kebun binatang 1995 hingga 2002, saat masih remaja 5-12 tahun, sehingga lebih dulu bersahabat dengan manusia.

Berikut ini Video Gajah Ini Bisa Bicara 'Ngomong' Bahasa Korea :


0 komentar:

Poskan Komentar

Archives